IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS 3D ANDROID DI MUSEUM ADITYAWARMAN PADANG

Rasyidah, - and Satria, Deni and Suryadi, - (2016) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS 3D ANDROID DI MUSEUM ADITYAWARMAN PADANG. National Conference of Applied Engineering, Business and Information Technology, Politeknik Negeri Padang . pp. 324-331. ISSN 2541-111x

[img]
Preview
PDF
458Kb

Abstract

Teknologi Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Teknologi Augmented Reality ini dapat dikembangkan dan diterapkan, salah satunya adalah sebagai media interaktif yang menampilkan gambaran serta penjelasan tentang objek benda rumah adat minangkabau, yang terdapat di museum Adityawarman Padang melalui smartphone android dengan menampilkan objek rumah adat minangkabau dalam bentuk 3D, serta informasi lainnya mengenai rumah adat yang ditampilkan, agar objek 3D ini bisa ditampilkan maka diperlukan marker untuk membangkitkannya dengan cara melacak marker menggunakan kamera pada perangkat smartphone android. Aplikasi augmented reality rumah adat minangkabau ini dibuat menggunakan software Unity, untuk pembuatan objek 3D rumah adat menggunakan software Blender, sedangkan marker dibuat menggunakan software Adobe Photoshop, agar marker ini dapat dikenali oleh kamera, maka membutuhkan database yang dibuat melalui situs vuvoria yang mengembangkan teknologi ini. kemudian marker ini difungsikan sebagai penanda menggunakan Software Unity.

Item Type:Article
Subjects:G Technology > GM Information Technology
Divisions:Luar PNP > Journal, Proceeding
ID Code:627
Deposited By:Rahmat Hidayat
Deposited On:16 Oct 2017 10:18
Last Modified:20 Dec 2018 08:15

Repository Staff Only: item control page