IMPLEMENTASI IOT DAN MACHINE LEARNING DALAM BIDANG PENDIDIKAN Pembelajaran Matematika Tingkat SD melalui Serious Game

Hery Purnomo , Mauridhi and Laili Yuhana , Umi (2016) IMPLEMENTASI IOT DAN MACHINE LEARNING DALAM BIDANG PENDIDIKAN Pembelajaran Matematika Tingkat SD melalui Serious Game. National Conference of Applied Engineering, Business and Information Technology, Politeknik Negeri Padang . pp. 250-257. ISSN 2541-111x

[img]
Preview
PDF
627Kb

Abstract

Makalah ini mendiskusikan tentang penerapan Internet of Things (IoT) dan teknik-teknik machine learning dalam bidang pendidikan. Diawali dari pembahasan perkembangan IoT, machine learning, taksonomi bloom dan serious game sebagai pengantar. Berbagai contoh penerapan IoT di berbagai bidang termasuk dalam bidang pendidikan juga dibahas. Di bagian akhir, didiskusikan tentang penelitian yang telah dilakukan di Laboratorium Komputasi Multimedia ITS terkait dengan serious game yang menerapkan IoT dan machine learning untuk mendukung pembelajaran matematika tingkat SD. Selain untuk pembelajaran, pemilihan tema dan skenario dalam game ditujukan untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal Indonesia.

Item Type:Article
Subjects:G Technology > GM Information Technology
Divisions:Luar PNP > Journal, Proceeding
ID Code:617
Deposited By:Rahmat Hidayat
Deposited On:13 Oct 2017 12:56
Last Modified:19 Dec 2018 22:44

Repository Staff Only: item control page