Wireless Sensor Network Berbasis Direct Difussion Protokol Routing Sebagai Sistem Pencegah Kebakaran Hutan Pada Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN)

Yasri, Indra and Febrizal, - and Rahayu, Yusnita and Kurniati, Indah and Sipayung, Santi R (2016) Wireless Sensor Network Berbasis Direct Difussion Protokol Routing Sebagai Sistem Pencegah Kebakaran Hutan Pada Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). National Conference of Applied Engineering, Business and Information Technology, Politeknik Negeri Padang . pp. 209-213. ISSN 2541-111x

[img]
Preview
PDF
613Kb

Abstract

Pemakaian protokol routing pada sebuah perangkat wireless sensor network (WSN) sangat berguna dalam mengatur efektifitas komunikasi antar node sensor. Akan tetapi jika tidak dilakukan pemilihan protokol routing yang tepat maka dapat mengakibatkan pemborosan energi secara keseluruhan pada perangkat WSN. Salah satu pendekatan untuk mendapatkan efisiensi energi pada WSN adalah dengan menggunakan protokol routing berbasis Directed Diffusion (DD) yang akan dibahas pada makalah ini. Pendekatan yang dilakukan melalui empat tahap yaitu pemilihan daerah sampling, penempatan sejumlah node sensor, implementasi daerah sampling dan penempatan sejumlah node sensor yang dianggap paling optimum ke dalam model protokol routing DD kemudian diakhiri dengan tahapan evaluasi untuk menentukan kombinasi daerah sampling dan penempatan sejumlah node sensor yang dapat mencapai tingkat efisiensi energi yang paling baik menurut parameter-parameter berikut ini: rata-rata delay, energi yang digunakan dan Node hidup yang terendah (Lowest Life Node). Hasil yang diperoleh berdasarkan parameter-parameter tersebut didapatkan kombinasi sampling area 500m x 500m dengan penempatan 20 node pada daerah sampling tersebut mampu menjangkau nilai efisiensi energi yang paling baik yaitu sebesar 44,89%. Dengan demikian maka pemakaian protokol routing berbasis DD ini sangat sesuai untuk mendukung sebuah sistem pencegahan kebakaran hutan pada Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) mengacu kepada karakteristik sampling daerah yang diambil pada kawasan Taman Nasional ini.

Item Type:Article
Subjects:G Technology > GI Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Luar PNP > Journal, Proceeding
ID Code:611
Deposited By:Rahmat Hidayat
Deposited On:13 Oct 2017 08:50
Last Modified:23 Dec 2018 07:38

Repository Staff Only: item control page