PENGARUH KEMASAN TERHADAP PERILAKU PEROKOK

Ruslin Chandra, Alhapen and Wimeina, Yudhytia and Ekasari, Rini (2016) PENGARUH KEMASAN TERHADAP PERILAKU PEROKOK. Laporan Akhir Penelitian Hibah Bersaing, - (-). pp. 1-56. ISSN LP/0003/2019

[img]
Preview
PDF
2244Kb

Official URL: http://www.pnp.ac.id

Abstract

RINGKASAN Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah perokok cukup besar di dunia. Segmen yang disasar produk rokok tidak hanya kaum pria di usia produktif, tetapi juga kaum wanita dan anak-anak. Rokok mempunyai dampak negative bagi kesehatan penghisapnya dan perokok pasif yang terpapar asap yang dihembuskan oleh perokok aktif. Upaya pengurangan prevelasi perokok senantiasa dilakukan pemerintah. Peraturan Pemerintah Nomor 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Produk Tembakau Bagi Kesehatan yang berlaku efektif sejak tanggal 24 Juni 2014 menghendaki bungkus rokok harus terdapat gambar seram yang menampilkan gangguan yang terjadi akibat merokok seperti kanker paru, kanker mulut, kanker pita suara, gambar bapak yang sedang merokok sambil gendong anak, dan gambar asap rokok berbentuk tengkorak. Upaya preventif yang dilakukan pemerintah tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi konsep demarketing dalam rangka menurunkan atau membatasi tingkat konsumsi rokok tersebut. Kemasan merupakan komponen yang penting dari strategi pemasaran karena dapat membangun identitas merek dan dapat pula digunakan sebagai alat promosi yang efektif. Dibandingkan dengan produk lainnya, bagi produk rokok, kemasan merupakan hal yang sangat penting karena mempunyai tingkat visibilitas yang tinggi yang senantiasa didisplay ketika produk dikonsumsi oleh perokok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kegiatan demarketing melalui kemasan yang bergambar seram tersebut mempunyai peran yang signifikan dalam mempengaruhi perilaku merokok konsumen. Hasil akhir dari penelitian dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi aturan mengenai kemasan sebagai upaya untuk menurunkan angka perokok di Indonesia. Untuk mengetahui bagaimana respon konsumen terhadap kemasan rokok, maka dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang menanyakan data demografi Keywords: kemasan, demarketing, gambar peringatan, gambar seram

Item Type:Article
Subjects:C Social Sciences > CC Economic History and Conditions
Divisions:Jurusan Administrasi Niaga > Prog.Studi Administrasi Bisnis-D3 > Journal, Proceeding
ID Code:4534
Deposited By:Mr. OP Repo-1 Puskom
Deposited On:09 Jul 2019 07:51
Last Modified:09 Jul 2019 09:30

Repository Staff Only: item control page